Selasa, 08 Mei 2012

Mahasiswa Tolak Operasi Militer


From: indonesia-p@indopubs.com
Date: Fri Apr 13 2001 - 17:13:14 EDT



X-URL: http://indomedia.com/serambi/2001/04/140401h12.htm

                         

Sabtu, 14 April 2001
 
BANDA ACEH - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam keluarga besar mahasiswa IAIN Ar-Raniry, Kamis pagi (12/4), melakukan unjukrasa di depan Kantor Gubernur Aceh. Mereka mendesak gubernur menolak rencana pemerintah memberlakukan operasi militer di Aceh.
    
Kehadiran mereka dengan mengusung poster serta menabuh drum tersebut sempat menyentakkan para pegawai di kantor itu. Tidak hanya itu, mereka juga menyampaikan orasi "panas" serta meneriakkan yel-yel anti militer. Mereka minta gubernur menemui mereka.
   
 Namun setelah beberapa saat menunggu, Gubernur Abdullah Puteh tidak juga turun, sehingga orasi yang disampaikan makin berapi-api.  "Turun!...turun Gubernur turun", "Tolak militer sekarang juga!" dan "Tolak operasi militer di Aceh!," teriak demonstran.
   
Menurut informasi yang diperoleh Serambi, Gubernur Aceh menolak bertemu karena mahasiswa dinilainya sedikit anarkis dan tidak sopan. Gubernur Aceh tersinggung karena dihujat dan dipanggil dengan julukan  "Abdullah Hitam." Selain itu, mahasiswa juga mencoret-coret dinding kantor dengan tulisan "Hancurkan Neo- Kolonialisme Indonesia Jawa."
   
Begitupun, beberapa orang delegasi dari mahasiswa diminta berjumpa dengan gubernur. Namun, permintaan tersebut disambut dingin oleh para mahasiswa. Mereka menolak bertemu melalui delegasi karena cara seperti itu dinilai tidak dapat menyelesaikan masalah.
    
Belakangan, delegasi mahasiswa IAIN jadi juga bertemu dengan Gubernur Abdullah Puteh di ruangnya. Dalam pertemuan dengan gubernur, delegasi mahasiswa minta ketegasan sikap gubernur secara tertulis terhadap pemberlakuan operasi militer di Aceh.
    
"Gubernur berjanji akan membuat konsep tersendiri tentang penolakannya terhadap pemberlakuan operasi militer tersebut," ujar Taufik Abdullah, salah seorang delegasi, mengutip janji gubernur. Begitupun, Taufik menambahkan, pihaknya akan datang lagi dalam jumlah besar bila janji tersebut tidak dipenuhi.(iza/swa)


--- RETURN TO Mailing List & Database Center - <http://www.indopubs.com> ---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar