Senin, 16 April 2012

Pelatihan Analisis Sosial Berbasis Gender

Pelatihan Analisis Sosial

postdateiconSabtu, 14 Januari 2012 08:53 | postauthoriconDitulis oleh Administrator | PDF | Cetak | Email
 
Banda Aceh (14/01/2012), Pada hari Sabtu tanggal 14 sampai dengan minggu 15 januari 2012 Women’s Development Centre (WDC) yang bekerjasama dengan Ford Fundation telah melaksanakan kegiatan pelatihan Analisis Sosial dengan tema “ Meningkatkan Partisipasi Perempuan Dalam Pengambilan Keputusan Yang berkeadilan Gender”.
 
 
Pelatihan ini dirancang untuk dapat membina para peserta Balee Inoeng yang diharapkan dapat berperan aktif sebagai kader gampong dalam menyampaikan aspirasinya. Baik dalam rangka penyusunan rencana tahunan Kabupaten/kota, ataupun rancangan lainnya yang dibuat oleh Gampong dan Kecamatan. Oleh karenanya dalam pelatihan ini selain untuk memberikan wawasan dalam hal perencanaan pembangunan partisipatif yang efektif dengan memahami pengetahuan tentang metoda dan teknis penyusunan rencana pembangunan daerah yang berspektif keadilan gender, juga untuk melatih kepekaan anggota Balee Inoeng dalam melihat perkembangan pembangunan dalam berbagai sektor (ekonomi, pendidikan, sosial budaya, agama dan kesehatan).

Adapun tujuan pelatihan adalah menyiapkan kader-kader Balee Inoeng ditingkat Gampong sebagai pelaku pembangunan yang responsif gender dan berkarakteristik sosial, sehingga terciptanya pembangunan yang partisipatif, dalam rangka mengusung dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). sehingga perencanaan pembangunan menjadi milik bersama antara pemerintah ditingkat gampong, kecamatan maupun kabupaten/kota dan masyarakatnya. Materi dalam pelatihan  analisis sosial ini ada dua:  

Pertama, materi tentang strategi peningkatan partisipasi politik perempuan dalam pengambilan keputusan sesuai analisis sosial, dengan tujuan materi ini memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang peran dan fungsi Kader Balee Inoeng dalam memahami teknis dan metoda dalam berpolitik yang responsif Gender berdasarkan analisis social cultutre dan juga memberikan pemahaman tentang teknik atau tata cara berpolitik bagi perempuan untuk meningkatkan kualitas konsultasi publik dalam menyusun dan merencanakan pembangunan (baik di tingkat Gampong, kecamatan dan kabupaten/kota) yang disampaikan oleh Taufik Abdullah, MA (Dosen Fisip Unimal).  

Kedua, Materi tentang sistem perencanaan dan implemetasi program pembangunan sosial yang berkeadilan gender, materi ini memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang peran dan fungsi Kader Balee Inoeng dalam memahami metoda penyusunan perencanaan pembangunan yang berspektif keadilan Gender. Baikkah dalam perencanaan pembangunan Jangka Menengah dan Jangka Panjang (RPJM/RPJP), dan membicarakan mekanisme konsultasi publik (Musrenbang) serta Memberikan pemahaman tentang teknik atau tata cara untuk meningkatkan kualitas konsultasi publik dalam perencanaan daerah (baik di tingkat Gampong/kecamatan dan kabupaten/kota) yang disampaikan oleh Vici Julian M.Si (staf Dinas Sosial Provinsi Aceh)  

Peserta yang hadir dalam pelatihan ini adalah perwakilan dari Balee Inoeng sebanyak 45 orang dari 15 Balee Inoeng Kota Banda Aceh yang berada dibawah dampingan women’s Development Centre. Dan Acara seremonial dibuka oleh wakil walikota Banda Aceh, Ibu Illiza Sa’aduddin Djamal, SE, dan juga turut hadir para SKPD Kota Banda Aceh, perwakilan LSM perempuan dan koordinator daerah SAPA Aceh.
Terakhir Diperbaharui (Senin, 16 Januari 2012 08:08)

Sumber : 
http://wdcbandaaceh.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=77%3Apeltahian-analisis-sosial&catid=1%3Alatest-news&Itemid=57

Tidak ada komentar:

Posting Komentar