Sabtu, 31 Desember 2011

Survei Pilkada : Nazar Bakal Pimpin Aceh

Banda Raya - 5 July 2011 |
Banda Aceh | Harian Aceh - Muhammad Nazar diperkirakan bakal menjadi pemimpin Aceh periode mendatang. Berbagai survei menunjukkan Wagub Aceh (sekarang) itu akan menang mutlak pada Pemiluka 2011.



Occidental Research Intsitute (ORI) mengumumkan hasil survei calon gubernur yang layak memimpin Aceh periode 2012-2017 versi masyarakat di 23 kabupaten/kota di Aceh, Senin (4/7). Hasil survei ORI menyimpulkan, Muhammad Nazar lebih unggul daripada calon lainnya. (Harian Aceh/Junaidi Hanafiah)

Survei Occidental Research Institute (ORI) yang diumumkan di Banda Aceh, Senin (5/7), menyebutkan elektabilitas atau tingkat keterpilihan Muhammad Nazar sebagai Gubernur Aceh menempati urutan teratas.Sebanyak 45 persen responden memilih Muhammad Nazar sebagai Cagub Aceh. Sedangkan Irwandi Yusuf menempati urutan kedua dengan 33 persen responden. Sementara calon lain jauh di bawah mereka,kata Direktur ORI Maimun Lukman.

Menurutnya, survei itu melibatkan 12.755 responden yang terdiri dari 10 profesi pekerjaan berbeda. Setiap kabupaten/kota di Aceh diambil sampel 555 responden. Kami mencantumkan lima nama calon gubernur sebagai sampel untuk masyarakat, yakni Irwandi Yusuf, Muhammad Nazar, Darni Daud, Zaini Abdullah, dan Tarmizi Karim,kata Maimun.

Dari jumlah tersebut, lanjut dia, sebanyak 11.862 atau 93 persen responden mengaku sudah mengenal kelima calon gubernur yang akan maju pada Pemilukada nanti. Sedangkan 893 responden atau 7 persen mengaku belum mengenal calon gubernur Aceh itu. Dari 11.862 responden yang mengaku sudah mengenal calon gubernur, ternyata 84 persen atau 9.964 orang mengaku sudah menetapkan pilihannya. Sedangkan sebanyak 16 persen atau 1.898 orang lainnya mengaku belum menentukan pilihannya,jelasnya.

Dijelaskannya, Cagub Muhammad Nazar menempati urutan pertama dengan persentase keterpilihan 45 persen atau 4.858 responden. Sedangkan Cagub Irwandi Yusuf menempati urutan kedua dengan persentase 33 persen atau 3.566 responden. Di posisi ketiga, Cagub Zaini Abdullah dan Darni M Daud berbagi tempat dengan 8 persen, serta Tarmizi Karim berada di posisi terakhir dengan 6 persen.

Berdasarkan karakteristik, jelas dia, para pemilih Cagub Muhammad Nazar berasal dari golongan petani, pedagang atau pengusaha, buruh, tokoh pemuda, dan pimpinan organisasi massa. Sedangkan Cagub Irwandi Yusuf berasal dari PNS, istri TNI/Polri, nelayan, serta tokoh masyarakat. Pengumpulan data ini dilakukan dengan pedoman wawancara terbuka secara face to face selama bulan Juni 2011. Kemungkinan margin of error dalam survei sekitar 3 persen dan tingkat keyakinan sebesar 97 persen,tambah Budi Azhari, peneliti ORI lainnya.

Diuntungkan Konflik Irwandi-PA

Konflik yang kian memanas antara Gubernur Irwandi Yusuf dengan Partai Aceh belakangan ini juga sangat menguntungkan posisi Muhammad Nazar sebagai Cagub Aceh pada Pemilukada mendatang. Konflik horizontal antara Irwandi Yusuf yang juga kandidat Cagub dengan Partai Aceh justru menguntungkan posisi Muhammad Nazar yang juga punya niat yang sama mencalonkan diri sebagai Cagub Aceh. Seharusnya, konflik horizontal ini patut dihindari untuk menjaga popularitas mereka, kata Taufik Abdullah, Kepala Laboratorium Ilmu Politik Fisip Unimal Lhokseumawe yang hadir sebagai pembanding pada pengumuman hasil survei Occidental Research Intsitute, kemarin.

Menurut Taufik, masyarakat saat ini memandang sosok Muhammad Nazar sebagai calon yang lebih santun dalam berpolitik. Sedangkan Irwandi Yusuf dan calon yang diusung oleh Partai Aceh (Zaini Abdullah) lebih ke arah anarkis dan ambisius. Persepsi ini, lanjut dia, akhirnya menumbuhkan imej negatif kedua kandidat ini di kalangan masyarakat. Sedangkan sosok Muhammad Nazar yang tidak terlibat konflik justru mendapat apresiasi positif dari masyarakat, katanya.(mrd)

Sumber :
http://harian-aceh.com/2011/07/05/survei-nazar-bakal-pimpin-aceh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar