Sabtu, 31 Desember 2011

Mimbar Bebas Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Sabtu, 29 Oktober 2011 | 10:09
Generasi Muda Harus Tampil Memimpin


LHOKSEUMAWE- Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (HIMIPOL) mengadakan acara Mimbar Bebas memperingati Hari Sumpah Pemuda di depan gedung Prodi Ilmu Politik, Fisip, Unimal, Jumat (28/10) sekira pukul 09.00 WIB. Acara yang dihadiri puluhan mahasiswa tersebut diisi dengan orasi-orasi kritis dari mahasiswa. Masing-masing dari mereka secara bergiliran menyampaikan orasinya di atas panggung. Acara tersebut dibuka dengan orasi dari dosen Prodi Ilmu Politik Unimal, Taufik Abdullah, S.Ag, MA. Orasi yang disampaikan sangat beragam.

Misalnya Jefri Susetio yang menyampaikan orasi mengenai eksistensi pemuda di tengah gempuran globalisasi, M. Agam Khalilullah yang menyempaikan orasi tentang kewajiban pemuda untuk peduli kepada isu-isu Hak Asasi Manusia, Helmi tentang kesejahteraan pemuda, dan lainnya. Ketua HIMIPOL, Bisma Yadhi Putra, dalam orasinya mengatakan, kalau nafsu politik kaum muda kini sedang bergejolak. Pemuda kini banyak yang berani untuk terjun langsung ke dunia politik praktis.

Terutama menjelang Pilkada, pemuda sangat antusias untuk ikut terlibat dalam politik. Namun sayangnya, menurut Bisma, saat ini pemuda hanya bisa menjadi tukang pasang spanduk, tim sukses, atau menjadi bahan bakar mesin politik kandidat yang didominasi kaum tua. Tidak ada anak muda yang berani menjadi kandidat walikota, bupati atau gubernur.

Momen Hari Sumpah Pemuda harus dijadikan renungan bagi para pemuda untuk bisa lebih jauh berpartisapasi dalam pembangunan bangsa dan negara. Jika dulu banyak pemuda yang berani berdiri dibarisan paling depan medan perang, kenapa saat ini tidak ada yang berani berdiri sebagai kandidat Pilkada.

“Bukankah dulu banyak pemuda yang berani melempar granat? Kenapa sekarang tidak banyak yang berani melempar gagasan-gagasan cemerlang mereka untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di ranah kehidupan,”ujarnya, seraya menambahkan jika peran pemuda semakin terkikis, maka ditakutkan ke depan akan terjadi krisis regenerasi. (arm)

Sumber :
http://www.rakyataceh.com/index.php?open=view&newsid=23867&tit=Berita Utama-Generasi Muda Harus Tampil Memimpin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar